Sabtu, 19 Juni 2010

i wanna be strong like daruma


hey,mungkin kalian sering liat boneka ini di komik atau animasi jepang,tapi tahukah kamuboneka ini punya filosofi yang bagus sekali?

Daruma (だるま atau 達磨 ) adalah boneka sekaligus mainan asal Jepang dengan bentuk hampir bulat, dengan bagian dalam yang kosong serta tidak memiliki kaki dan tangan. Model dari benda ini adalah Bodhidharma, pendiri dari Zen.

Boneka ini merupakan pembawa keberuntungan dan lambang harapan yang belum tercapai. Daruma dijual dengan kedua belah mata yang belum digambar. Orang yang ingin harapan atau cita-citanya terkabul menggambar salah satu sisi dari kedua matanya dengan kuas dan tinta. Bila harapan orang tersebut sudah tercapai, daruma akan menerima mata yang satunya lagi.

Asal-usul boneka daruma adalah boneka tradisional Jepang yang disebut okiagari koboshi. Boneka okiagari-koboshi memiliki bagian dasar yang bundar dan berat sehingga boneka ini kembali bisa berdiri tegak dengan bantuan beratnya sendiri setelah dimiringkan ke salah satu sisinya. Muka boneka okiagari-koboshi digambar seperti wajah Bodhidharma karena daruma yang selalu bisa berdiri tegak sesuai dengan cerita ketegaran Bodhidharma yang bermeditasi selama 9 tahun menghadap tembok di vihara Shaolin.

kalau kalian pernah baca doraemon, disitu pernah ada cerita nobita kecil terjatuh dan menangis dan neneknya penuh kasih sayang membangunkannya dan melempar boneka daruma,nobita heran dan neneknya berkata "boneka daruma walaupun bagaimana dijatuhkan akan kembali bangun dan berdiri,nobita juga harus bisa seperti boneka daruma demi nenek."

inilah alasan kenapa saya ingin posting tulisan tentang daruma yang begitu mengilhami saya dan memberi semangat hidup,saya ingin seperti daruma,biarpun dijatuhkan berkali-kali saya akan tetap berdiri lagi,dan ekspresi muka daruma selalu fokus dan menampakan kekuatannya.

saya ingin seperti daruma



Tidak ada komentar:

Posting Komentar